Bisnis Online

bisnis online

Bisnis Online tanpa modal? it’s all bullshit!

Saya adalah seseorang yang telah terjun di dunia online marketing sejak 2011. Dan sampai hari ini, saya tidak menemukan sebuah ide bisnis online tanpa modal. Seminim-minimnya, kita membutuhkan paket data untuk menjalankan bisnis tersebut. Atau jika masih berkilah “Saya numpang wifi tetangga kok”, oke seminim-minimnya kita tetep butuh modal waktu, tenaga dan pikiran untuk itu semua. Intinya, tidak ada yang gratis di era modern seperti sekarang, toilet umum saja bayar bos!

Well, saya sudah sempet bilang bahwa saya sudah terjun di dunia online marketing sejak tahun 2011. Dan melalui artikel ini, saya akan bagikan beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan dengan modal yang minim. BTW, tidak semua daftar bisnis online ini pernah saya jalankan, tapi saya jamin semua ide bisnis ini gak ada yang hoax.

Ide Bisnis Online untuk Para Pemula

1. Menjadi Publisher

Kita tentu sering melihat iklan di sebuah website, video Youtube, aplikasi smartphone, dan lain sebagainya. Bagi kalian yang masih awam, satu hal yang perlu diketahui adalah iklan-iklan diatas adalah hasil kerjasama antara Google, Pengiklan dan Publisher.

Untuk menjadi publisher, kita bisa memulainya dengan cari membuat sebuah blog, menjadi content creator di Youtube (bahasa gaulnya jadi Youtuber), dan bikin aplikasi buat smartphone.

Lantas, dari mana publisher dapat uang? Pada umumnya, para publisher mendapatkan uang dari setiap klik iklan yang tayang (baik di blog, Youtube dan di aplikasi).

2. Menjadi Affiliate Marketer

Affiliate marketer ini bisa dibilang semacam makelar online. Sistem kerjanya kita harus membantu penyedia produk untuk menjual barang dagangannya. Dari setiap produk yang terjual, kita nantinya akan mendapatkan sekian persen uang. Di Indonesia sendiri ada toko online seperti misalnya Lazada yang menyediakan fitur Affiliate ini. Sementara di Dunia, yang sudah sangat lama dikenal adalah Amazon dan ClickBank.

3. Menjual Jasa

Punya keahlian khusus? Ini modal awal yang bisa kita gunakan untuk membangun bisnis online. Misalnya jago nulis, kita bisa bikin jasa penulis artikel. Buat yang jago gambar, bisa bikin jasa yang berkaitan sama gambar. Menurut saya, orang yang punya keahlian khusus cenderung lebih mudah membangun bisnis online, tinggal belajar soal pemasaran saja.

4. Dropship

Dropship ini mirip sama affiliate marketer, bedanya cuma di sistem dapat uangnya. Jika affiliate mendapat uang sekian persen dari barang yang dijual, kalau dropship ini kita bisa atur berapa untung yang bisa kita dapat. Misalnya saya punya produk yang saya jual dengan harga Rp 100.000, nah para dropshiper biasanya akan menjual ulang produk ini dengan menaikkan harga, misalnya Rp 150.000.